Kita terkadang sering salah kaprah ketika memilih ban offroad,
tidak pas dengan kebutuhannya. banyak yang berfikir bahwa semakin besar ban
tentunya dapat melalui trek extrim, tidak memikirkan tenaga dari mesin sampai
rasio final gear disebabkan setiap kendaraan berbeda.
kita perlu menghitung ulang pada mesin, transmisi, transfercase serta final gearnya sebab hal ini sangat menentukan dalam kita memilih ban untuk offroad.
Terdapat sedikit tips dalam memilih ban yg sesuai dengan kendaraan
anda:
1. Suzuki Jimny standart belum dimodif ukuran ban yg pas serta nyaman buat offroad 29″x15″ apabila lebih besar tenaga mesin ngedrop serta resiko as roda putus karena as roda jimny rentan.
1. Suzuki Jimny standart belum dimodif ukuran ban yg pas serta nyaman buat offroad 29″x15″ apabila lebih besar tenaga mesin ngedrop serta resiko as roda putus karena as roda jimny rentan.
2. Jimny modif’an engine swap un2500cc hingga final gear 4,….-
5,…. maksimal ban yg digunakan 32″
3. Willys mesin standart/engine swap un2500cc final gear 4,8 – 5,3
maks ban 32″x15″
4. CJ7/FJ40 atau up2500cc standart, ban yg digunakan 32″x15″,
modif’an up2500cc maksimal 35″.
Terdapat beberapa jenis ban offroad yg memang dihadirkan pihak
produsen seperti M/T atau Mud Terrain, diperuntukan bagi mobil offroad. Dapat
dideteksi dari kembangannya yang sangat kasar dan got dalam.
A/T All Terrain pastinya ban ini mampu untuk segala medan, namun
bukan untuk lumpur dalam kategori berat, Jika sekedar jalan tanah dengan profil
keras, berkerikil maupun jalan becek dan sedikit berlumpur atau lapangan
rumput, masih oke.
Ban ini tentunya mempunyai performa yang lebih baik ketimbang ban
tipe M/T ketika digunakan di aspal, suara bising dan getarannya lebih kecil.
Begitu juga dengan kemampuan pengereman serta kemampuannya berjalan di atas
genangan air hujan, dipastikan jauh lebih baik.
Sedang H/T Highway Terrain buat yang lebih banyak berjalan di
aspal.
Jadi pilihlah ban yang tepat dan pastikan sesuai dengan kebutuhan
anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar